Ternyata Tadi Malam Terjadi Gerhana Bulan

Ternyata Tadi Malam Terjadi Gerhana Bulan

Ilustrasi gerhana bulan
canindonesia.com - Jakarta, Tadi Malam, Rabu (23/03/2016), dikhabarkan telah terjadi gerhana bulan penumbra di Indonesia. Gerhana ini bisa disaksikan di seluruh wilayah tepat dua minggu setelah gerhana matahari total. Demikian disampaikan prakirawan badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Taufik Hermawan, Senin,(21/3/2016).

Disebutkan gerhana bulan ini terjadi saat bulan terbit di ufuk timur dan terjadi mulai pukul 16.36 WIB, kemudian mencapai puncaknya pukul 18.47 WIB, dan berakhir pukul 20.57 WIB.

Ia menjelaskan, gerhana bulan penumbra terjadi karena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semua sampai ke bulan. Jika cuaca cerah masyarakat dengan mudah bisa melihatnya.

"Pada tahun ini, akan terjadi tiga kali gerhana bulan penumbra yaitu pada 23 Maret, 18 Agustus, serta 17 September," jelas Taufik.

Beberapa waktu lalu, di Indonesia terjadi gerhana matahari total pada Rabu (09/03/2016) pagi, yang menjadi perhatian masyarakat Indonesia dengan menggelar shalat gerhana. (enha/rl)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget