Rasis Pada Reporter Muslim BBC, Aung San Suu Kyi Dipetisi

Aung San Suu Kyi, peraih nobel perdamaian Myanmar dipetisi karena dinilai bersikap rasis saat diwawancara oleh reporter muslim BBC Mishal Husain.

Aung San Suu Kyi Myanmar dipetisi karena rasis pada reporter muslim BBC Mishal Husain
Aung San Suu Kyi

canindonesia.com Jakarta - Aung San Suu Kyi, peraih nobel perdamaian yang merupakan tokoh politik dan demokrasi di Myanmar dipetisi karena dinilai bersikap rasis saat diwawancara oleh reporter BBC Mishal Husain yang merupakan seorang muslim.

Petisi di situs change.org itu dibuat sejak Senin (28/3/2016). Sejumlah tokoh Indonesia ikut mempelopori petisi yang ditujukan kepada panitia Nobel Perdamaian.

"Cabut Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi" dan "Take back Aung San Suu Kyi's Nobel Peace", begitulah isi dua petisi dalam bahasa Inggris yang diajukan antara lain Emerson Yuntho, Nong Darul Mahmada, Ulin Yusron, Zainal Arifin Mochtar, Teguh Juwarno, serta tokoh lainnya.

"Tak ada yang memberi tahu bahwa saya akan diwawancarai oleh seorang muslim," ujar Suu Kyi yang disiratkan sebagai sikap rasisnya di dalam petisi tersebut seperti dilansir Republika.

Pernyataan tersebut diutarakan Aung San Suu Kyi saat diwawancara oleh presenter acara BBC Today bernama Mishal Husain pada tahun 2013. Kekesalan Suu Kyi dikarenakan pertanyaan yang diajukan oleh Husain terkait penderitaan yang dialami oleh umat Islam di negara Myanmar.

Suu Kyi juga diminta untuk mengecam warga yang antimuslim dan melakukan berbagai kekerasan sehingga umat muslim suku Rohingya terpaksa meninggalkan negara Myanmar.

Para netizen merasa terkejut setelah menonton wawancara tersebut dikarenakan kata-kata rasis itu keluar dari mulut Suu Kyi, seorang pejuang demokrasi dari Myanmar dan peraih Nobel Perdamaian tahun 2012. Pernyataan Suu Kyi yang bernada rasis barangkali hanya satu kalimat namun maknanya sangat mendalam bagi setiap orang yang mencintai perdamaian.

Hingga berita ini diturunkan, sudah ada ribuan orang yang mendukung petisi tersebut.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget