Bangganya Masyarakat Sumedang Pada Tjut Nyak Dhien

Bangganya Masyarakat Sumedang Pada Tjut Nyak Dhien

Makam Cut Nyak Dhien di Sumedang, Jawa Barat
canindonesia.com - Banda Aceh, Heroisme pahlawan Aceh selalu mendapatkan tempat yang baik di Republik ini. Salah satu cerita menarik adalah bangganya masyarakat Sumedang sebagai bagian dari sejarah seorang pahlawan perempuan terbesar asal Aceh.

Rasa bangga ini disampaikan oleh sekretaris komisi A DPRD kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Ermi Triaji, SE kepada canindonesia melalui pesan singkat hari ini, Selasa (22/3/2016).

"Tjut Nyak Dien yang kami tahu selama ini adalah sosok wanita pejuang, tangguh, dan tegar. Kami mendapati sosok beliau dari cerita-cerita orang tua kami dulu. Kesan yang kami tangkap dari para orang tua kami dulu tentang bunda Tjut Nyak Dhien adalah ia sosok yang ramah, baik dan familiar dengan penduduk setempat, sehingga ia mudah diterima dan sudah dianggap saudara sendiri," kata Ermi.

"Tak ada satu pun cerita miring tentang beliau yang kami tangkap dari para orang tua kami. Malah kami bangga, Sumedang jadi bagian cerita sejarah nasional akibat ditempatkannya bunda Tjut Nyak Dhien di tempat kami," tambahnya.

Bagi masyarakat Sumedang, selain sebagai kota makanan tradisonal tahu, makam Bunda Tjuk Nyak Dhien sudah menjadi ikon bagi kota itu.

"Tjut Nyak Dhien seolah punya dua dimensi, yaitu dimensi Aceh dan Sumedang," pungkas Ermi.

Ermi Triaji, yang juga ketua fraksi PKS DPRD Sumedang menyampaikan keinginannya untuk bisa mengunjungi Aceh dalam waktu dekat ini. (enha/rl)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget