Mau Liburan Beda? Ke Gunung Leuser Aja!

Ekspedisi pendakian Leuser

Para pendaki gunung Leuser
canindonesia.com - Bagi anda yang menyukai petualangan di alam bebas, ekspedisi pendakian gunung Leuser adalah salah satu pilihan yang sangat menarik. Berada di ketinggian 3110 mdpl (meter dari permukaan laut), puncak gunung Leuser yang terletak di wilayah kabupaten Gayo Lues ini menjadi magnet tersendiri di kalangan petualang Indonesia dan Mancanegara.

Dengan persiapan fisik dan mental serta logistik yang memadai, anda dapat memulai menentukan rute perjalanan yang akan ditempuh.

Ada dua pilihan rute yang paling populer dilakukan. Jalur kampung Kedah Gayo Lues yang dapat dilalui minimal sembilan hari perjalanan pulang pergi, dan jalur selatan melalui pesisir Aceh Selatan atau Aceh Barat Daya, yang memiliki jalur tempuh yang relatif lebih lama dan lebih berat.

Dari pengalaman beberapa ekspedisi yang dilakukan mahasiswa pencinta alam (mapala) Leuser, Universitas Syiah Kuala, jalur selatan dapat ditempuh dalam waktu 23 hari pulang pergi. Beberapa universitas lainnya di Indonesia juga melalui jalur ini dengan jarak waktu yg berbeda. Namun dapat dipastikan dua jalur ini menawarkan sensasi yang berbeda.

Hutan hujan tropis taman nasional gunung Leuser dikenal sebagai pusat paru-paru dunia dengan keanekaan ragam hayati yang kaya sekali.

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektar yang secara administrasi pemerintahan terletak di dua Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Provinsi Aceh yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, sedangkan Provinsi Sumatera Utara yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Dairi, Karo dan Langkat.

Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hutan hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya,pariwisata, dan rekreasi.

Namun untuk tujuan pendakian anda hanya melintasi dua wilayah administratif kabupaten Gayo Lues atau Aceh Selatan dan Barat Daya.

Berbeda dengan gunung-gunung berapi yang secara fisik bersifat tunggal dan dapat dicapai dalam hitungan satu dua hari, maka gunung Leuser adalah hutan dari bukit barisan yang berlapis yang luas sekali yang membentang sepanjang pulau Sumatera.

Untuk melakukan ekspedisi ini, anda disarankan memakai jasa pawag atau pemandu yang berasal dari masyarakat setempat. Begitupun bila ingin menikmati perjalanan lebih leluasa boleh mengikutsertakan porter yang akan membantu membawa barang perlengkapan dan logistik anda.

Bagi yang ingin meresapi petualangan yang bernilai estetik, maka anda berada di tempat yang tepat dimana tarian seribu tangan yang dikenal dengan tari saman yang mendunia berasal dari sini.

Jika anda mencapai puncak Leuser, dari ketinggian yang menjulang sana, anda bisa menikmati hembusan angin yang melambai, dan gumpalan kabut dan awan yang tak lama akan menutupi pandangan. Padahal di bawah sana sungai-sungai mengular, suaranya sayup-sayup terdengar bak lagu Broery Pesolima.

Tentu sambil menikmati kopi arabika yang aromanya begitu menggoda, yang Starbuck pun tak lepas meliriknya.

Mau mencoba?

Penulis: Nourman Hidayat
Penikmat ekspedisi jalur selatan Leuser

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget