Rayakan Kemenangan Erdogan Dari Kudeta, Pemuda Aceh Adakan Refleksi Sejarah Hubungan Aceh-Turky


canindonesia.com -(Banda Aceh)

             Kemenangan Erdogan melawan aksi kudeta 15 Juli lalu tak hanya dirayakan oleh rakyat Turky, tapi juga merambah ke propinsi paling barat Indonesia, yaitu Propinsi Aceh. Rakyat Aceh akan merayakan peristiwa itu dalam bentuk syukuran dan refleksi sejarah hubungan Aceh dan Turky.
         Aceh yang memiliki ikatan sejarah panjang dengan Imperium Ottoman memiliki hubungan emosional yang kuat sekali. Beberapa komplek perkuburan tentara Turky menjadi salah satu bukti kuat hubungan itu. Dalam sejarah, pada abad 16 Sultan Turky pernah mengirim 40 perwira ahli untuk membantu Aceh dalam bidang kavaleri dan altileri untuk meningkatkan kemampuan barisan meriam dan pasukan tentara berkuda di ketentaraan Aceh.

"Itulah sebabnya kami akan mengadakan Acara Refleksi Sejarah 500 tahun Hubungan Aceh-Turky yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada tanggal 10 agustus 2016 di lokasi makam Teungku Dibitay atau dulu dikenal dengan sebutan Ma'had Askeri Baitul Maqdis di Bitay Banda Aceh."
            Demikian disampaikan ketua panitia acara Refleksi, Teuku Farhan, saat dijumpai di kawasan Lamnyong Banda Aceh. Menurut Farhan, acara ini merupakan Kolaborasi lintas komunitas yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, pemuda, media, dan lembaga profesional lainnya.
            Beberapa lembaga dan ormas yang sudah menyatakan diri untuk bergabung adalah Lembaga Peusaba, Kompas Aceh, LDF Al Ahkam, LDK Fosma Unsyiah, IKAMAT (Ikatan Masyarakat Aceh Turki), Mayarakat IT (MIT) Aceh, AFSIC, komunitas Acehnet, Kammi Aceh, Jariyat, Sekolah Hamzah Fansuri, media Suara Darussalam, komunitas pemerhati Sejarah Mapesa, Musafir Tour, IPSA, PW Bakomubin Aceh, JFA Law Firm, dan beberapa lembaga lainnya.
             Acara Refleksi akan berlangsung khidmat dan dihadiri oleh pemerhati sejarah Aceh-Turky Abdurrahman Kaoy, juga Testimoni para tokoh dan pemuda. Acara ini akan dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qari internasional Takdir Feriza yang beberapa waktu lalu disambut langsung  oleh presiden Erdogan di Turky. (enha)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget