Komunitas Aceh Peduli ASI Apresiasi Gubernur Zaini Abdullah


canindonesia.com - (Banda Aceh)

Komunitas Aceh Peduli ASI  melakukan audiensi kepada gubernur Aceh di pendopo gubernur, kamis,(25/8/2016). Dalam pertemuan tersebut , ketua komunitas Aceh Peduli ASI, dr, Aslinar, Sp. A, M. Biomed  menyampaikan apresiasi kepada gubernur Aceh atas keluarnya peraturan gubernur (pergub) ASI Eksklusif dengan memberikan keringanan cuti selama enam bulan kepada ibu menyusui. Pergub no 49 Tahun tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Ekslusif 2016 ini adalah khabar gembira untuk Aceh dan Indonesia.
Aslinar menyebutkan keprihatinannya kepada kondisi program ASI Ekslusif di kalangan Ibu menyusi. “fakta di lapangan angka cakupan ASI ekslusif di Aceh berkisar 30,2 %. Dan ada tantangan bagi ibu menyusui. Tantangan itu bisa dari ibu sendiri, keluarga dan lingkungan” . sebutnya.
 dr. Aslinar yang juga Konselor Menyusui ini mengutip prosentase angka itu berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar  (Riskesdas) beberapa tahun lalu.
Pertemuan yang turut dihadiri kepala dinas kesehataan propinsi Aceh  dr, Hanif dan Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) dr. Amri Kiflan  berlangsung hangat dan mendapat sambutan yang baik dari Gubernur. Dalam kata sambutannya, Gubernur Aceh dr. Zaini Abdullah menyambut positif dan memberikan apresiasi kepada komunitas ini. “Saya berharap ada kerjasaama dari komunitas ini dan kelompok pendukung ASI lainnya agar dapat secar pro aktif memberikan edukasi ASI” kata gubernur. Gubernur juga menginstruksikan jajaran Dinas Kesehataan untuk menindaklanjuti berbagai hal untuk meningkatkan capaian ASI Ekslusif.
Dihubungi secara terpisah. Dr. Aslinar bersama komunitas Aceh Pencinta ASI ini menyatakaan akan membuka kelas edukasi menyusui secara rutin dan disebarkan melalui kader-kader posyandu dan ibu-ibu PKK.

“Kami ingin membumikan ASI di Aceh. Selama ini kami sudah memulai dengan swdaya sendiri, peserta edukasi menyusui yang pernah kami training selama ini bersifat gratis” pungkas Aslinar menutup pembicaraan.  

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget