Melihat Istimewanya Fasilitas Pekerja Asal Tiongkok

Melihat Istimewanya Fasilitas Pekerja Asal Tiongkok

fasilitas istimewa pekerja asing
Mes TKA PLTUB Paluh Kurau, Hamparan Perak Deliserang. Foto: Waspada

canindonesia.com - Sebanyak 326 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok bekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Uap dan Batubara (PLTUB) Paluh Kurau, Kecamatan Hamparan Perak Deliserdang. 155 diantaranya hanya menggunakan visa kunjungan sebagaimana diungkapkan Kasi Sarkom Imigrasi Belawan, Zulmanur Arif dikutip dari laman Waspada Online, Minggu (7/8).

Sementara lanjutnya, proyek senilai 35 miliar dolar AS tersebut hanya merekrut 200 orang pekerja lokal yang jumlahnya lebih sedikit dibanding pekerja asing dari Tiongkok.

Terpisah, petugas Dinas Tenaga Kerja Sumut mengaku tidak mengetahui berapa jumlah pekerja asal Tiongkok tersebut. Alasannya karena izin dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja.

Dari fasilitas yang diberikan seorang pekerja yang direkrut melalui PT Wira mengaku terdapat kesenjangan antara pekerja lokal dan asing.

"Mau mandi harus antri bahkan kadang rebutan, kalau malam nyamuknya sangat banyak. Sedangkan mes TKA punya fasilitas yang sangat baik," ungkapnya.

Dia mengaku menerima upah sebanyak Rp. 3,1 juta yang dirasa tidak cukup apalagi para pekerja lokal ini tidak diperkenankan pulang setiap hari. Sedangkan pekerja asal Tiongkok mendapat upah sebesar Rp. 10 juta per bulan.

Tidak hanya gaji yang besar pekerja asal Tiongkok juga mendapatkan tempat penampungan atau mes yang lebih nyaman. Bangunannya berada ditengah lokasi proyek serta terbuat dari bahan yang berkualitas bagus, dilengkapi AC, kamar mandi, dan sarana olah raga. Lain halnya dengan mes pekerja lokal yang hanya terbuat dari papan berbentuk rumah panggung berjejer dipinggiran lokasi pembangunan PLTUB.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget