Hari Ini, Sejarah Lahirnya World Wide Web

Sejarah Lahirnya World Wide Web

sejarah world wide web
Berners Lee. Foto: Worldwebforum

canindonesia.com - Pada hari ini 25 tahun yang lalu, 6 Agustus 1991, situs web pertama di dunia hadir ke publik dari laboratorium di Swiss Alps.

Dikutip dari laman Thehackernews disebutkan Situs ini dibuat oleh Sir Tim Berners-Lee, pencetus dari World Wide Web (WWW)

Ini adalah website pertama di dunia, yang dijalankan pada komputer NeXT di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN), masih dapat dikunjungi saat ini, lebih dari dua dekade setelah penciptaan.


"The WorldWideWeb (W3) adalah inisiatif pencarian informasi hypermedia wide-area yang bertujuan untuk memberikan akses universal untuk alam semesta," demikian kata-kata yang tertulis di situs publik pertama di dunia tersebut, disana dijelaskan juga bagaimana orang lain juga dapat membuat halaman web mereka sendiri.


"Proyek ini dimulai dengan filosofi bahwa banyak informasi akademik harus tersedia secara bebas kepada siapa pun."


Berners-Lee menulis tentang HyperText Transfer Protocol (HTTP) yang diuraikan bagaimana informasi atau data akan terhubung antara sistem komputer, serta, HyperText Markup Language (HTML) yang digunakan untuk membuat halaman web pertama.


visi Berners-Lee adalah untuk menciptakan sebuah tempat di mana orang bisa berbagi informasi di seluruh dunia melalui "sistem informasi saling terkait secara universal " - di mana jaringan dokumen (halaman web) terkait satu sama lain bisa membantu pengguna menavigasi untuk menemukan apa sebenarnya yang mereka butuhkan . Dan jadilah konsep World Wide Web.


Berners-Lee awalnya mengusulkan gagasan untuk dunia jaringan komputer berbagi informasi pada tahun 1989, ketika ia bekerja sebagai programmer komputer di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) di Jenewa, Swiss.


Steve Jobs Ikut Membantu Tim Membuat Web


World Wide Web ditulis pada komputer NeXT, yang dibuat oleh perusahaan Steve Jobs didirikan setelah ia keluar dari Apple pada tahun 1985.


"Kami membeli mesin dingin, komputer NeXT," kata Berners-Lee dua tahun lalu dalam sebuah wawancara di Rensselaer Polytechnic Institute. "NeXT adalah mesin yang dibuat oleh Steve Jobs saat ia keluar dari Apple tahun 1985."


"Ketika Anda membukanya, Anda mendapat pesan pra-direkam dari Steve yang mengatakan, 'Selamat datang di NeXT. Ini bukan tentang komputasi personal. Ini tentang' inter-personal 'komputasi.' Itu sempurna untuk merancang web. "


Kemudian website tersebut hadir dihadapan publik pada 6 Agustus 1991, 25 tahun lalu Ketika Berners-Lee menciptakan World Wide Web, idenya adalah hanya untuk menciptakan alat bagi para ilmuwan untuk menemukan dan berbagi informasi dengan mudah.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget