Tarmizi Karim dan DR Husnan, dua birokrat yang maju di Pilkada Aceh

Tahapan pilkada serentak tahap kedua semakin dekat. Dari amatan media Can Indonesia telah muncul beberapa nama calon kepala daerah khususnya untuk pilgub Aceh didominasi oleh politisi atau mantan pejabat publik dari partai politik.

Beberapa nama mantan pejabat Aceh yang kemungkinan akan kembali tampil di gelanggang pilgub Aceh antara lain mantan gubernur Aceh Irwandi Yusuf, mantan pj gubernur Aceh ir. Tarmizi Karim, MS.c, wakil Gubernur Muzakir Manaf, gubernur Zaini Abdullah,. Dua nama lain yaitu Zakaria Saman belum pernah dicalonkan sebelumnya. Namun kemudian muncul wacana baru untuk menggabungkan pasangan gubernur wakil Gubernur dari kalangan politisi dan birokrat.

Pengamat politik Abubakar Basyarall menilai kombinasi antara kandidat dari partai politik dan birokrat adalah sebuah pasangan ideal untuk memimpin. Menurutnya kombinasi ini terbukti mampu berkolaborasi dalam pemerintahan dimana kepala daerah dari parpol melakukan kebijakan pemerintahan secara umum sedangkan birokrat memahami tata pemerintahan dengan segala permasalahannya dengan baik.

Dalam kontek Aceh, dari seluruh calon kepala daerah, ternyata hanya ada dua nama birokrat yang maju untuk mewarnai kontestasi Pilkada 2017. Dua nama birokrat itu adalah Ir. Tarmizi Karim, MSc dan DR Husnan Harun, ST, MP.

Ir. Tarmizi Karim dikenal sebagai birokrat cemerlang yang pernah menjadi Bupati Aceh Utara pada tahun 2004 lalu. Kemudian menjadi PJ Gubernur Aceh pada tahun 2018. Diangkat sebagai  PJ Gubernur Kalimantan Timur tahun 2012 dan sekarang PJ Gubernur Kalimantan Selatan. Kepada media massa beberapa waktu lalu, Tarmizi Karim menyatakan siap untuk maju sebagai calon Gubernur Acehpada pilkada 2017.
Sedangkan DR Husnan Harun adalah birokrat yang juga cemerlang selama 20 tahun terakhir, pernah memimpin satker BRR Aceh-Nias, staff ahli bagi anggota DPR RI. Saat ini bertugas di Bapeda Aceh. Menguasai tugasnya secara baik dan memiliki pengaruh kuat di akar rumput. Meski belum menyatakan diri untuk ikut pencalonan, Doktor lulusan IPB ini disebut-sebut memiliki peluang untuk merebut hati rakyat.

Lalu siapa yang akan dipilih. Kita tunggu saja

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget