Fakultas Syariah IAIN Langsa Laksanakan Stadium General

Fakultas Syariah IAIN Langsa Laksanakan Stadium General

Stadium General Fakultas Syariah IAIN Langsa

canindonesia.com - Langsa, Bertempat di Aula Fakultas Syariah IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, pada Jumat (26/02/2016), Fakultas Syariah kembali melaksanakan kegiatan Stadium General atau Kuliah Umum. Acara yang di mulai pada jam 09.00 wib tersebut menghadirkan pembicara tunggal, Bapak Budi Juliandi, MA dengan judul "Hukum Islam di Negara-Negara Minoritas Muslim Asia Tenggara".

Dalam paparannya, Juliandi mengatakan sudah ada beberapa pakar yang melakukan studi diantaranya Abdullahi Ahmed An-Na’im, Profesor Atho Mudzhar (UIN Jakarta), Profesor Khoiruddin Nasution (UIN Jogjakarta), Dr. Khamami Zada (UIN Jakarta), dan Dr. Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad (UIN Banda Aceh).

Kandidat Doktor dari UIN Syarif Hidayatullah itu juga meragukan pernyataan Fazlur Rahman soal kebangkitan Islam dari Asia Tenggara.

"Islam akan bangkit dari Asia Tenggara, kaum muslimin di kawasan ini jangan di ninabobokkan oleh pernyataan tersebut, karena faktanya hanya tiga negara di Asia Tenggara yang mayoritas beragama Islam dan negara muslim tersebut bukan merupakan lahan yang subur untuk memberlakukan syariat Islam", bantah Budi.

Pemimpin-pemimpin di tiga negara tersebut juga tidak terlihat antusias melaksanakan penegakan hukum Islam. Bahkan di tiga negara minoritas muslim (Singapore, Thailand, Philipina), terjadi kontestasi antara negara dengan ulama dan ulama dengan ulama sehingga tidak terbangun hubungan yang harmonis dalam menerapkan hukum Islam.

"Situasi ini tidak saya maksudkan untuk mencemaskan kondisi yang ada, dengan Visi Fakultas Syariah sebagai kiblat kajian hukum Islam di Asia Tenggara, saya berharap tetap bersemangat untuk mencapainya, sebagai masukan untuk mengambil langkah-langkah strategis agar visi tersebut dapat tercapai," lanjut Budi.

Acara tersebut turut dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Zulfikar, MA. Ratusan mahasiswa dan dosen yang mengikuti acara ini terlihat sangat antusias. Seorang peserta, Maulana Ira yang juga merupakan Gubernur Mahasiswa Fakultas Syairah IAIN, Langsa kepada canindonesia berharap agar acara serupa dapat sering diadakan sehingga menambah wawasan para mahasiswa hukum Islam. (afn/rms).

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget