Selamat! Yuan Resmi Jadi Mata Uang Zimbabwe, Indonesia Kapan?

Yuan telah resmi menjadi mata uang Zimbabwe. Yang menjadi pertanyaan, Indonesia kapan akan menerapkan hal serupa?

Presiden China Xi Jinping dan President Robert Mugabe (img: theguardian)

canindonesia.com Zimbabwe - Langkah dan sikap ekonomi China semakin menampakkan keasliannya di mata internasional. Salah satunya adalah kelihaian dalam hubungan bilateral dengan Zimbabwe.

Negara tersebut sejak 2009 menanggalkan mata uangnya sendiri karena hiperinflasi yang melanda negara dan secara resmi menggunakan Yuan menjadi mata uangnya setelah China membatalkan utang yang mencapai AS$40 juta atau sekitara Rp547 miliar. Kondisi ini diharapkan akan meningkatkan kerjasama dagang China-Zimbabwe.

“Mereka (China) mengatakan membatalkan utang kami yang jatuh tempo tahun ini dan kami sedang dalam proses finalisasi instrumen utang dan menghitung utang,” kata menteri Patrick Chinamasa dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Portalrim.

Menteri Chinamasa juga mengumumkan bahwa Zimbabwe akan membuat Yuan menjadi mata uang resmi negara guna meningkatkan perdagangan dengan Beijing.

Negara Zimbabwe sendiri sudah meninggalkan dolar pada tahun 2009 setelah hiperinflasi mencapai puncaknya dengan lonjakan hingga 500 miliar persen dan mata uang mereka benar-benar tidak lagi berharga.

Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, pemerintah Zimbabwe mulai membunuh mata uang asing, termasuk dolar AS dan rand Afrika Selatan.

Mata uang Yuan kemudian masuk ke dalam keranjang mata uang asing, tetapi penggunaannya belum disetujui sebagai alat transaksi umum di pasar.

"Penggunaan yuan akan digunakan dalam perdagangan antara China dan Zimbabwe serta penerimaan dengan pelanggan di Zimbabwe," ujar menteri tersebut.

John Mangudya selaku Kepala Bank Sentral Zimbabwe yang terlibat dalam negosiasi dengan Bank Rakyat China menyatakan bahwa mereka masih melihat apakah mereka dapat meningkatkan penggunaan yuan lebih jauh.

China adalah mitra dagang terbesar Zimbabwe menyusul isolasi Zimbabwe oleh mitra dagang dari Barat karena catatan hak asasi manusia (HAM). (mh/rl)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget