Ini Dia Ratu Waria Aceh

Waria Aceh
canindonesia.com - Banda Aceh, Pembubaran ajang pencari bakat 'Indonesia Model Hunt 2016' di hotel Grand Nanggroe oleh Walikota Banda Aceh, Illiza Sa'adudin Djamal, Ahad (28/2/2016) lalu semakin membuktikan adanya upaya perusakan moral di Aceh. Beberapa peristiwa sebelumnya, berupa pelanggaran susila, LGBT, dan maraknya waria di negeri Serambi Mekah ini semakin membuat resah warga.

Namun beberapa tahun lalu, masyarakat Aceh juga pernah dibuat resah saat diadakannya kontes waria seluruh Aceh yang dilaksanakan tahun 2010 yang lalu. Seperti ramai diberitakan, saat itu ada puluhan waria di Provinsi Aceh ikut serta dalam pemilihan Duta Sosial dan Budaya Aceh 2010 yang digelar di Banda Aceh.

"Kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi kaum waria dan memilih Duta Sosial dan Budaya Aceh," kata ketua panitia, Jimmy di Banda Aceh. Penyelenggara acara berkilah, bahwa selain untuk mempererat silaturrahmi kaum waria, ajang tersebut juga untuk menghilangkan stigma negatif masyarakat terhadap kaum waria.

Bahkan dia menambahkan, seluruh peserta yang akan mengikuti kontes itu dikarantina lebih dahulu untuk memahami HAM dan kepedulian sosial. Kepada peserta juga diwajibkan mengabdi di panti asuhan.

Dalam kontes waria itu terpilih sebagai Duta Aceh yaitu Angga alias Zifana Lestisia (19) asal Kota Lhokseumawe. Angga dianggap yang paling cantik dan pintar di antara kontestan lainnya.

Saat itu Zifana menyatakan akan berusaha memperkenalkan budaya Aceh di tingkat nasional serta membuktikan bahwa waria asal daerah yang menerapkan syariat Islam juga mampu bersaing di ajang nasional.

Pada malam puncak pemilihan, setiap kontestan mengenakan pakaian adat Aceh dari daerah mereka masing-masing dan pemenangnya akan ikut dalam kontes waria tingkat nasional.

Setelah enam tahun berlalu, bagaimana khabar Zifana Lestisia saat ini? (enha)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget