Warga Aceh Mencari Hartoyo Di Lokasi Hukuman Cambuk


canindonesia.com - (BandaAceh) Ribuan warga Banda Aceh hari ini memadati lokasi tempat dimana hukum cambuk bagi pelaku homoseksual dilaksanakan. Warga masyarakat yang datang bukan hanya mau melihat prosesi hukuman cambuk, tapi juga mencari Har Toyo, tokoh homo yang sesumbar akan menemani dan menghadiri acara itu sebagi bentuk solidaritas atas ketidakadilan hukuman syariat.

Hilal , salah seorang warga yang khusus datang ke lokasi itu melalui akun facebooknya mempertanyakan dimana Hartoyo. “Hartoyo kemana sih? Tadi rame lho yang nyariin si Hartoyo. Apa juga katanya mau ke Aceh buat belain kaumnya sesama homo”.
Sementara itu komentar marah juga disampaikan beberapa pemilik akun lainnya.

Tampak beberapa pengunjung membawa poster berisi photo Hartoyo. Mereka mencari wajah yang mirip Hartoyo itu diantara pengunjung lokasi hukuman itu.  
Har toyo adalah aktivis pembela LGBT yang beberapa wktu lalu berpura-pura menjadi ustadz di salah satu stasiun swasta. Namun hingga eksekusi berakhir, Hartoyo tidak diketahui keberadaannya.

Hartoyo melalui LSM Ourvoice mengaku sudah berada di Aceh dan menjumpai terpidana untuk memberikan dukungan moral. Dalam akun facebooknya, hartoyo menulis “aku rencana pergi ke aceh, menemani 2 gay yang akan menghadapi hukuman cambuk. Aku gak boleh membiarkan mereka sendiri hadapi ini” tulis hartoyo.
Diketahui dulu Hartoyo pernah kuliah di salah satu perguruan tinggi di Aceh.

Hukuman cambuk dilaksanakan hari ini pukul 11 wib di halaman masjid Syuhada Lamgugob, kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Dua pria gay dijatuhi hukuman cambuk oleh mahkamah Syariyah sebanyak 85 kali dipotong masa tahanan. Mereka  dieksekusi oleh lima orang algojo.
Pria berinisial MT (24) dan  MH (20) ditangkap  warga atas tuduhan  melakukan hubungan seks sesama jenis pada 28 Maret 2017 di kawasan Darussalam Banda Aceh. Perbuatan Homoseksual ini mendapat reaksi keras dari masyarakat yang marah.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget