Di Aceh, Imam Saudi Bacakan Doa Qunut Untuk Syuhada Tsunami


canindonesia.com - Banda Aceh
Ribuan warga Aceh memadati masjid Al Makmur Kota Banda Aceh untuk melaksanakan shalat Tahajud berjamaah yang dipimpin oleh seorang imam asal Saudi bernama Syeikh Ali Muhammad. Shalat yang dimulai pukul 2.30 wib dini hari hingga pukul 4 dini hari, Selasa (28/6) tadi dipenuhi oleh jamaah dari berbagai daerah di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Ruangan masjid yang tahun lalu juga dipenuhi oleh jamaah telah diperluas dan masih belum mampu memenuhi antusiasme jamaah yang ingin menikmati Iktikaf 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Sebagaimana pantauan media CAN Indonesia, malam tadi, jamaah shalat tahajud larut dalam isak tangis dan doa yang panjang saat imam asal Saudi itu membacakan doa qunut serta mendoakan syuhada Tsunami Aceh, serta kaum muslimin di Suriah, Palestina, dan  muslim yang Teraniaya di seluruh dunia.

Syeikh Ali Muhammad hadir bersama sembilan Syeikh lainnya yang diundang khusus oleh pemerintah Kota Banda Aceh untuk menjadi Imam Selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan di berbagai masjid ibukota propinsi Aceh itu.

Seorang jamaah shalat tahajud yang ditanyai media ini, Burhanuddin, menjelaskan, bahwa ia begitu menikmati doa qunut yang dibacakan oleh syeikh Ali Muhammad.

"Doa qunut yang panjang itu mampu membuat lembut hati, karena berisi pengakuan betapa lemahnya manusia dan diakhiri dengan doa khusus untuk Syuhada Tsunami Aceh". Katanya. Burhanuddin mengaku dirinya bisa berbahasa arab dan mampu menikmati semua bait doa tersebut.

Menurutnya doa qunut sering dibacakan di masjid-masjid Aceh. "tidak ada khilaf terhadap pembacaan qunud diwaktu witir di akhir ramadhan seperti ini. Dayah-dayah juga melakukan hal yang sama". katanya menjelaskan.

Qiyamulail dan iktikaf adalah salah satu program utama bulan Ramadhan di Aceh. Beberapa masjid menyelenggarakan iktikaf selama sepuluh hari terakhir Ramadhan. Para penghafal Alquran menjadi imam hampir di seluruh masjid di kota Banda Aceh. Bahkan beberapa masjid diantaranya menyediakan makan sahur bagi para jamaah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Walikota Banda Aceh, Illiza Saadudin Djamal serta beberapa dermawan lainnya meyediakan makan sahur bagi puluhan ribu jamaah di kota Banda Aceh.


Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget