Banjir Rob Bikin Jakarta Ogah Dilirik Investor

Ancaman banjir rob di wilayah Jakarta dinilai akan menyebabkan wilayah Jakarta bagian utara tidak menarik untuk pengembangan wilayah atau investasi.

Ancaman banjir rob di wilayah Jakarta dinilai akan menyebabkan wilayah Jakarta bagian utara tidak menarik untuk pengembangan wilayah atau investasi.
Banjir rob di wilayah Jakarta

canindonesia.com Jakarta - Ancaman banjir rob di wilayah Jakarta dinilai akan makin serius bila tidak segera ditangani dengan tepat. Musibah tersebut menyebabkan wilayah Jakarta bagian utara tidak menarik untuk pengembangan wilayah atau investasi.

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa diperlukan upaya komprehesif untuk mengatasi banjir rob, karena sudah menjadi ancaman di masa mendatang dan intensitasnya juga akan meningkat lagi.

"Masyarakat beserta pemerintah bisa membuat tanggul, meninggikan lantai rumah, membangun rumah panggung dan sebagainya. Bahkan bisa secara swadaya membangun polder serta pompa untuk melindungi lingkungan sekitar," ujar Sutopo, seperti dilansir Republika pada Selasa (7/6).

Dunia usaha dan masyarakat setempat harus kompak untuk tidak mengeksploitasi air tanah terlalu berlebihan. Dengan cara membangun biopori, sumur resapan serta upaya lainnya bisa diusahakan untuk menekan pengurangan penurunan muka tanah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta Pemprov DKI Jakarta telah mengupayakan langkah antisipasi banjir di Jakarta. Misalnya  reklamasi, pembangunan tanggul laut raksasa, tanggul di pantai, pembangunan polder dan upaya lainnya. Tentu saja upaya tersebut selalu membuat pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget