Pengamat Timur Tengah : Waspadai Berita Bohong Terkait Turky Di Sosmed


canindonesia.com - (banda Aceh) Pengamat timur tengah asal Aceh Hilal Gibraltar, menyebutkan banyak media yang melakukan pembohongan publik terkait isue Turky. Media-media ini dengan sengaja ingin merebut perhatian pembaca dengan menjual informasi yang lagi hangat dengan cara menyesatkan. Pernyataan ini disampaikan Hilal saat menjamu jurnalis resmi Anadolu Agency Turky.

Jurnalis Turky bernama Adem ini adalah wartawan Anadolu Agency Turki yang sudah enam tahun bertugas di Indonesia. Adem dan partnernya sejak beberapa hari lalu berkunjung ke Aceh untuk suatu tugas liputan.

Dalam pertemuan itu, kata Hilal, mereka membicarakan banyak hal. Namun yang paling menarik perhatian adalah terkait banyaknya berita hoax yang beredar mengenai Turki yang akan menjadi persoalan serius.
Hilal, beberapa waktu terakhir gencar membongkar berita palsu terkait Turky yang viral di media sosial Di indonesia.
Beberapa nama media disebutkan Hilal telah berulang kali melakukan berita bohong.

Sementara itu, Adem mengungkapkan, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pernah menghubungi Kedubes Turki di Indonesia menanyakan kebenaran informasi di web tersebut.

Kemudian Kedubes Turki menghubungi Adem selaku Jurnalis Anadolu Agency yang bertugas di Indonesia. Berita hoax seperti itu bisa memperkeruh suasana bahkan menimbulkan kecurigaan dan kesalahpahaman dalam hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Turki. sebut Hilal serius.

Kalau berita itu ada, tentu mereka para wartawan Anadolu di Indonesia yang lebih tahu, bahkan tentunya mereka sebagai orang pertama yang mengangkat ke media.
Di web hoax itu, disebutkan sumbernya dari Anadolu Agency tapi nampaknya sengaja ditulis salah "Anaolu Agency". Faktanya, Anadolu sendiri tidak tahu apa-apa.

Maka berhati-hatilah dalam men-share berita dari page abal-abal, cobalah mengecek keabsahan beritanya dari page resmi. Kalau berita Turki bisa cek ke Anadolu Agency, Yeni Safak, DailySabah, TRT Haber, atau lainnyaharap Hilal. 

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget