Voluntir Aceh Realisasikan Program Hutan Wakaf


canindonesia.com - (Banda Aceh)

Program Hutan Wakaf yang digagas para voluntir di Aceh segera akan terwujud. Sebanyak satu hektar lahan wakaf pekan ini akan dibebaskan sebagai  pilot project inisatif konservasi berbasis wakaf yang disebut hutan wakaf. Demikian disampaikan salah seorang voluntir hutan wakaf, Akmal Senja, di jumpai di ruang kerjanya di Banda Aceh, Sabtu (24/12/2016). 

"Konsepnya, lahan tidak produktif akan dikonversi menjadi lahan produktif berupa hutan yang berfungsi ekologis. Nantinya hutan ini akan diwakafkan kembali kepada masyarakat setempat untuk dapat dimanfaatkan" jelas Akmal.

"Hutan Wakaf bukan berarti tidak boleh ditebang. Ada sebagian pohon yang bisa ditebang dan dimanfaatkan sebagai papan keranda (mayat) bagi masyarakat setempat. Juga ada buah-buahan dan beberapa jenis tanaman obat yang bisa dimanfaatkan seluas-luasnya bagi masyarakat sekitar. Disamping pohon inti seperti Ficus (bak ara) sebagai infiltrasi air, pakan burung dan primata yang harus tetap dijaga kelestariannya  dan tidak boleh ditebang".

Akmal menjelaskan, inisiatif  hutan wakaf sudah digagas sejak tahun 2012 dengan melibatkan beberapa voluntir dari Aceh yang didukung voluntir nasional bahkan luar negeri.

"Kami menghimpun bantuan dana dari para donatur secara personal dengan mewakafkan sebagian dana mereka untuk pembebasan lahan. Untuk tahap pertama, lahan yang akan dibebaskan seluas satu hektar berlokasi di Jantho Aceh Besar."

Akmal menegaskan, inisiatif hutan wakaf ini akan menjadi milik bersama masyarakat, voluntir, dan para pecinta lingkungan sebagai upaya  membangun hutan berkelanjutan.

Akmal mengutip sebuah hadits Nabi, "Seandainya besok adalah hari kiamat dan di tangan salah seorang dari kalian ada benih tumbuhan, maka hendaklah dia menanamnya. Barang siapa yang menanam pohon dan menabur benih, kemudian hasilnya dimakan manusia, burung, atau binatang lain, maka itu merupakan sedekah baginya". (nh) 



Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget