PKS Bangun Puluhan Rumah Tenda Darurat Untuk Pengungsi Pidie Jaya


canindonesia.com - (Banda Aceh)

Posko PKS Aceh Peduli Musibah Gempa Pidie Jaya melalui ketua humasnya, Nourman Hidayat, hari ini, Sabtu (24/12/2016) menjabarkan aktivitas posko selama 20 hari masa tanggap darurat  gempa Pidie Jaya yang terjadi 7 Desember 2016 lalu.

Disebutkan, selain  program bantuan sembako, layanan kesehatan, trauma healing dan rotasi relawan Pks seluruh kabupaten kota di Aceh, relawan posko pusat telah pula menyelesaikan 30 buah rumah tenda darurat untuk pengungsi di Pidie Jaya. Rumah tenda darurat ini dibangun dengan menggunakan sumbangan masyarakat luas yang dititip melalui posko PKS di seluruh Indonesia.

"Kita membangun rumah tenda darurat awalnya atas permintaan para donatur yang mengirimkan sumbangannya kepada rekening PKS. Meskipun jumlah nominalnya kecil, namun, sesuai namanya, rumah tenda darurat, diharapkan pemerintah daerah akan menggantikannya dengan rumah yang lebih baik lagi" tulisnya.

Sementara itu, Dedi Daud, koordinator relawan di posko pusat PKS saat dikonfirmasi menyebutkan, rumah darurat ini dibangun dengan nilai tiga juta rupiah setiap rumahnya, menggunakan terpal tenda dengan alas tenda yang sederhana. 

"Masyarakat sangat trauma akan terjadi gempa susulan yang bisa terjadi pada waktu yang tidak terduga, sehingga rumah tenda darurat lebih menentramkan bagi penghuninya" kata Dedi menjelaskan. Hingga kini telah terjadi gempa besar lebih dari tiga kali di Kabupaten baru pemekaran ini. 
Dedi menjelaskan PKS akan melanjutkan pembangunan rumah tenda darurat sampai kondisi lebih baik dan sepenuhnya tertangani.

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang kabupaten Pidie Jaya yang menewaskan lebih dari 100 jiwa. Khawatir terjadinya gempa sususlan, masyarakat memilih untuk tinggal di tenda-tenda darurat di seluruh wilayah kabupaten terdampak bencana gempa.


Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget