Syariat Islam Menjadikan Banda Aceh Kota Paling Nyaman Untuk Ngopi


canindonesia.com -Banda Aceh

Syariat Islam menjadikan kota Banda Aceh sebagai kota yang paling nyaman bagi pecinta kopi. Demikian disampaikan  Inong,  seorang Aktivis lingkungan di Aceh  saat dijumpai di  warung kopi El Point di kawasan Lampineung, Banda Aceh. Menurutnya, dirinya tidak merasa was-was akan adanya kekerasan ataupun intimidasi serta kerawanan sosial lainnya saat menikmati kopi baik pagi, siang atau malam hari.
“Syariat Islam di Aceh mampu mengatur secara baik sekali perilaku masyarakat, sehingga warga merasa dirinya bagian dari kebersamaan dengan masyarakat lainnya dan bertanggung jawab menjaga, mengingatkan dan saling bersikap baik. Syariat Islam secara tidak langsung membentengi Aceh dari  liarnya budaya luar. Bahkan di warung kopi pun, masyarakat Aceh merasa risih setiap perilaku yang tidak pantas diperlihatkan di depan umum.  seperti  perempuan yang merokok di tempat  umum atau sikap provokatif  dengan pakaian yang tidak sopan” kata Inong.
“Meski begitu masyarakat Aceh sangat menjaga ketertiban. Terbukti  tidak ada satupun kasus kekerasan yang terjadi akibat sikap yang tidak pantas itu” kata Inong menegaskan. Menurutnya, banyak wisatawan yang datang dan merasa Aceh sangat nyaman bagi pendatang. Mereka mampu beradaptasi dengan masyarakat Aceh dalam hal kesopanan. 
           Aceh yang dijuluki kota 1001 warung kopi selalu ramai dikunjungi oleh warga setempat atau tamu yang datang dari luar Aceh. Setiap tahun diadakan festival kopi Aceh yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun internasional.
Untuk diketahui, Selasa (10/5/2016) malam, Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal dan perwakilan Kementerian Pariwisata resmi membuka festival kopi internasional yang digelar di Lapangan Blang Padang. Agenda tahunan ini akan berlangsung hingga 12 Mei mendatang.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget